Wapres Akan Dorong MUI Keluarkan Fatwa Haram Mudik Saat Corona

VIVA – Wakil Pemimpin Ma’ruf Amin angkat suara melanggar pro kontra mudik di zaman wabah virus corona COVID- 19 ini. Ma’ruf mengaku sudah membakar agar Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa mengenai bahaya pegangan di masa sekarang ini.

“Kita sudah mendorong MUI untuk menyatakan bahwa pada zaman sekarang ini mudik itu suci hukumnya, ” kata Ma’ruf.

Hal itu disampaikan Ma’ruf saat melakukan rapat dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ataupun Emil melalui video telekonferensi. Ma’ruf merespon kekhawatiran Emil tentang kerawanan penularan saat orang-orang mudik ke daerah nanti.

“Saya akan coba nanti supaya keluar tentang mudik, ” kata Ma’ruf menegaskan.

Ridwan Kamil mengamini dorongan untuk menggunakan fatwa tersebut. Menurut dia, masyarakat juga akan lebih mendengar bila ada arahan dari para pemimpin agama.

Lihat Juga

“Karena penuh yang berdalih-dalih dengan ayat-ayat dan syariat juga. Jadi kalau MUI bisa keluarkan fatwa, tugas aku sebagai umaroh (pemerintah) tinggal menguatkan, seperti fatwa MUI tentang solat jumat, ” ujar sang gubernur.

Mantan wali kota Bandung ini berkaca pada pengalaman dirinya pernah dibully karena berinisiatif melarang warga salat Jumat. Setelah dikuatkan melalui ajaran MUI, warga menurutnya kemudian oleh karena itu lebih mengerti.

“Jadi mohon inovasi dari Pak Wapres adalah menghasilkan fatwa, ” sekapur Emil.