Wah, Daerah yang Sukses Tangani COVID-19 Dapat Bonus dari Pemerintah

VIVA – Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan mengumumkan besaran Dana Insentif Daerah (DID) tambahan bagi pemerintah daerah yang berhasil mencegah atau menekan penyebaran pandemi COVID-19.

Penasihat Jenderal Perimbangan Keuangan, Astera Primanto Bhakti, mengatakan, total DID bunga itu telah disiapkan senilai Rp1, 9 triliun yang akan diberikan terhadap 171 daerah dari 16 provinsi dan 120 kabupaten/kota.

“Yang tadinya hanya dinilai dari hasil tahun sebelumnya, masa ini kita kembangkan dari penghargaan on going pada tahun berjalan dan kita deploy dalam waktu yang tidak lama, ” kata Astera dalam webinar, Rabu, 22 Juli 2020.

Tambahan DID itu, dia melanjutkan, diberikan tempat dasar penilaian yang telah dilakukan bersama Kementerian Dalam Negeri terkait kontes video daerah yang siap melaksanakan normal baru dan aman COVID-19.

“Mulai dibanding pasar, restoran, transportasi dan lain-lain itu telah disampaikan penghargaannya oleh pemerintah di Kemendagri dan tersebut kita beri reward sesuai yang sudah kami janjikan, ” tutur Astera.

Baca: Achmad Yurianto Lepas Jabatan Jubir COVID-19, Ini Kegiatan Barunya

Selain itu, insentif diberikan bersandarkan konsistensi pemerintahannya yang mampu memelihara kesehatan warganya dari dampak pandemi COVID-19 dan juga mampu membenarkan performa dalam menekan penyebaran.

“Dari situ kita telah mendapatkan hasil, kita beri ke 171 daerah dari 16 provinsi dan 120 kabupaten kota dengan total Rp1, 9 triliun tercatat yang hadiah daerah tata wajar baru rata-rata alokasi Rp11, 22 miliar, ” ujarnya.

DID tambahan itu, dikatakan Astera, bisa dimanfaatkan untuk penanganan COVID-19 yang difokuskan untuk layanan kesehatan, jaring pengaman sosial, dan menjatuhkan kembali ekonomi daerah. (art)