Tips Aman Berselancar di Dunia Imajiner saat Physical Distancing

VIVA Physical distancing karena epidemi Virus Corona membuat banyak orang menggunakan internet untuk tetap terhubung. Namun pengguna dunia maya tak menyadari adanya risiko keamanan masukan pribadi mereka.

Mozilla, dalam keterangan resminya, Jumat, 17 April 2020, memberikan empat tips untuk tetap aman berselancar di dunia maya selama physical distancing :

1. Pilih Password yang Istimewa dan Kuat

Untuk mengakses aplikasi maupun melakukan aktivitas di dunia tanwujud membutuhkan akun dan kata sandi. Namun perlu diingat untuk tidak membuat password yang mudah.

Pengguna diharuskan membuat password yang kuat, karena membuat strip pertahanan atas upaya peretasan dan akses tidak sah.

Mozilla memberikan sejumlah tips untuk membuat kata sandi kuat salah satunya membuat dengan delapan karakter ataupun minimal 12-15 karakter.

Selain itu password harus menggunakan kombinasi huruf gembung dan kecil, serta angka serta juga simbol. Lapisan keamanan dengan lain adalah menggunakan otentikasi perut faktor.

2. Setop Jika Ada Sesuatu yang Mencurigakan

Jika menemukan kejadian mencurigakan melalui email, jangan kelompok tautan apapun dan jangan masukkan kata sandi hingga informasi karakter. Lakukan ketik alamat situs web perusahaan yang mengirimkan email atau hubungi secara langsung.

Lihat Pula

Salah satu penipuan yang menggunakan email adalah phishing. Caranya menyamar menjadi pemberi layanan, seseorang atau perusahaan yang dipercayai oleh pemakai.

Tujuan dari penipuan ini agar korban tanpa sadar memasukan password mereka ke di situs web palsu, mengunduh agenda malware yang bisa menginfeksi perangkat korban lewat lampiran gambar ataupun dokumen. Selain itu juga bisa meminta korban memebrikan informasi individual agar bisa mengakses ke akun mereka.

3. Melihat Ulang Berita COVID-19

Pengguna internet perlu berhati-hati era membaca informasi mengenai Covid-19. Itu karena banyaknya misinformasi dan hoaks yang beredar di internet.

Organisasi Poynter Institue mengeluarkan tujuh cara untuk menghindari misinformasi selama pandemi Covid-19. Pertama harus mempelajari pemahaman dasar dari aib dan abaikan semua konten yang mengatakan corona telah direncanakan.

Selain itu harus pula membuktikan semua gambar dan video yang beredar, hindari usaha yang meremehkan ancaman penyakit tersebut dan hindari membagikan metode pencegahan dan pengobatan penyakit tanpa membicarakannya terlebih dahulu dengan sumber resmi. Terakhir cari info mengenai hal-hal yang belum diketahui.

4. Rutin Update Software dan Penggunaan di Perangkat

Masa beraktivitas dari rumah merupakan masa yang cocok untuk memperbarui software dan aplikasi di perangkat. Update dilakukan agar perangkat tetap damai. Pembaruan dilakukan bisa memperbaiki bugs, kerentanan software dan masalah ketenteraman.