Tim nasional U-19 Pernah Bekuk Korsel, Alat Sjafri Pede Tantang Tae-yong

VIVA –  Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri tengah dalam sorotan. Sebab, masa ini dia berkonflik dengan pembimbing Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Sikap Indra disayangkan sebesar pihak. Dia seakan lupa sedang berhadapan dengan Tae-yong yang ialah pelatih kelas dunia.

Memang, Indra pernah membawa Timnas U-19 dan Timnas U-22 jempolan. Tapi, itu baru di tangga Asia Tenggara. Tentunya tak mampu dibandingkan dengan Tae-yong yang berpengalaman melatih Korea Selatan di Beker Dunia 2018.

(Baca juga: Indra Sjafri Hanya ‘Butiran Debu’ Dibandingkan Shin Tae-yong)

Namun, tersedia satu hal yang bisa melaksanakan Indra percaya diri. Pelatih 57 tahun ini memiliki rekam alur mengalahkan negara asal Tae-yong, Korea Selatan.

Hal itu terjadi di kualifikasi Piala Asia U-19 Grup G yang berlaku di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Timnas U-19 besutan Indra Sjafri mengalahkan Korsel 3-2, 12 Oktober 2013.

Evan Dimas menjadi pahlawan Nusantara dengan menorehkan hattrick di menit 30, 49 dan 86. Dua gol balasan Korsel disumbangkan Seol Tae-su (32′) dan Seo Myeong-won (88′).

(Baca selalu: Yeyen Tumena, Bantai Shin Tae-yong Lalu Mau Jadi Asisten Indra Sjafri)

Hasil tersebut mengantarkan Timnas U-19 lolos ke Piala Asia 2014 yang berlaku di Myanmar dengan status juara grup G. Korsel juga pasti lolos namun hanya menjadi lupa satu runner up terbaik.

Raihan tersebut sangat luar biasa untuk Garuda Muda. Sebab, Korea Selatan saat itu berstatus jago bertahan Piala Asia U-19. Itu juga pengoleksi trofi terbanyak secara 12 gelar.

(Baca juga: Tekuk Korsel, Timnas U-19 Diminta Jangan Tinggi Hati)