Tentara AS Masih Bebas Keluar Menghunjam Negara Orang, Bahaya COVID-19

VIVA – Pamor Amerika Serikat sebagai negara adidaya boleh membuat beberapa personil tentara mereka bisa keluar masuk ke negeri lain. Hal ini terlihat dibanding masih bisa bebasnya beberapa peronil tentara AS keluar masuk ke negara Jepang. Hal ini menjadi sorotan setelah ditemukan kasus kematian gara-gara COVID-19 yang meningkat tajam di Negeri Sakura tersebut.

Pemerintah Jepang sebenarnya mengeluarkan larangan perjalanan dari dan ke negaranya setelah kembali banyak terlihat kasus orang terpapar COVID-19. Makin pada Kamis 2 April 2020, sebanyak 277 kasus positif Corona COVID-19 ditemukan di Jepang. Total hingga Jumt pagi tadi, di Jepang ditemukan sebanyak 2. 617 kasus dengan jumlah korban meninggal sebanyak 63 orang.

Kontan fakta mengenai jumlah peristiwa baru di Jepang ini tepat menjadi sorotan. Salah satunya terpaut masih leluasanya beberapa personil tentara Amerika Serikat keluar masuk ke Jepang dengan berkedok dokumen sakti yang dikeluarkan lewat kesepakatan antar kedua negara. Bahkan kemudahan yang diberikan pemerintah Jepang.

“Saat pemerintah Jepang telah melarang wisatawan dari beberapa negara, mereka sedang mengizinkan personil-personil SOFA (status of forces agreement) untuk terbang ke Jepang, ” seperti dilansir Kyodo News.

Lihat Pula

Sebenarnya pemerintah Jepang juga sudah membuat prosedur bagi para anggota SOFA yang masuk ke Jepang. Termasuk antaralain kewajiban untuk mengikuti karantina selama 14 hari. Namun faktanya, kaum personil tentara AS justru memiliki keistimewaan dari pemerintah Jepang. Termasuk kemudahan dari staf bea cukai dan imigrasi Jepang sendiri.

“Ini akan memungkinkan penjelajahan mereka tanpa gangguan ke haluan akhir mereka, ” situs web menyatakan.

Jepang & Amerika Serikat memang dikenal sangat akrab terutama terkait dengan kegiatan sama militer. Beberapa personil militer Paman Sam mengisi beberapa markas militer seperti Pangkalan Udara Misawa, Pangkalan Udara Korps Marinir Iwakuni, dan Pangkalan Angkatan Laut Sasebo.