Pilkada Bangka Tengah, Pengawas Kampanye Tetap Rapid Test

VIVA – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Uzur Belitung, mengingatkan peserta Pilkada 2020 untuk melaksanakan kampanye dengan mengindahkan protokol kesehatan COVID-19.

“Kami akan kawal kegiatan aksi yang mengabaikan protokol kesehatan, seandainya tidak dipatuhi maka kami berkoordinasi dengan pihak KPU terkait modus apa yang akan diambil, ” kata Ketua Bawaslu Bangka Sedang Robianto di Koba, seperti dilansir Antara, Rabu 30 September 2020.

Baca juga: Bawaslu Ungkap Kampanye di 10 Wilayah Ini Masih Langgar Protokol Corona

Ia menjelaskan Pilkada 2020 berbeda dengan pemilihan tahun-tahun yang lalu karena saat ini berada dalam pusaran pandemi virus corona. Oleh karena itu, pihaknya harus menyelaraskan pengawasan dengan pengoperasian protokol kesehatan.

“Kami sudah menggelar rapat koordinasi secara peserta Pilkada 2020 dan Konglomerasi Tugas COVID-19 terkait komitmen bergandengan melaksanakan kampanye dengan mematuhi protokol kesehatan, ” ujarnya.

Dia mengatakan agenda demokrasi tentu dijalankan tanpa harus mengabaikan aturan kesehatan sehingga pesta demokrasi tidak memunculkan klaster baru penyebaran virus corona.

“Tentu selalu penerapan protokol kesehatan dimulai daripada jajaran pengawas, bahkan seluruh jejeran pengawas dilakukan ‘rapid test’ (tes cepat) sebelum melakukan pengawasan pada lapangan, ” ujarnya.

Robianto mengatakan belum lama ini seluruh jajaran pengawas dan pekerja mengikuti tes cepat untuk meyakinkan tidak terpapar virus corona pra melakukan pengawasan.

“Pengawalan tahapan Pilkada 2020 merupakan kesibukan, namun tentu saja tidak melecehkan kesehatan karena pemilu digelar dalam situasi pandemi virus corona, ” ujarnya. (Ant)