Perubahan Digital Buahkan Kemudahan Bisnis UMKM

VIVA – Sebagai salah satu pilar penting terampil punggung ekonomi nasional, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menetapkan terus dibantu agar dapat berdiam. Hal ini menjadi sangat istimewa, terutama saat terjadinya pelemahan ekonomi di masa pandemi saat tersebut.

Salah satunya ialah dengan mempercepat peralihan UMKM ke era digital. Tak ayal adapatasi dengan kebutuhan zaman juga turut mengharuskan UMKM untuk berinovasi bertemu tantangan di masa depan.

Beberapa UMKM yang melayani inovasi digitalisasi dengan cara memaksimalkan teknologi, terbukti bisa memperoleh makna lebih untuk mengembangkan usaha mereka.

Riset dari International Data Corporation (IDC) dan Cisco menunjukkan, digitalisasi UMKM dapat meningkatkan pendapatan negara.

Diprediksi setidaknya Produk Dosmetik Bruto (PDB) bisa bertambah kisaran Rp2, 3–2, 4 triliun di 2024. Peningkatannya bisa lebih agung lagi, apabila pelaku usaha piawai menggunakan berbagi platform digital dalam memasarkan produknya.

Dan satu diantara hal yang dapat membakar kebutuhan digitalisasi itu dihadirkannya OY! Bisnis , sebagai misi OY! Indonesia berkomitmen untuk sanggup membantu pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Secara hadirnya sistem yang menyediakan produk-produk keuangan digital, nantinya diharapkan mampu memberikan kemudahan serta efisiensi dalam menjalankan bisnis.

OY! Bisnis sendiri mempunyai 2 keluaran unggulan yaitu Bulk Disbursement dan Payment Checkout Link.

Dengan menggunakan layanan Bulk Disbursement ini, memungkinkan pelaku usaha untuk men-transfer pembayaran ke banyak bon sekaligus secara langsung, hanya dengan menggugah CSV file daftar pembayaran ke dalam dashboard OY! Bisnis.

Berapa pun banyaknya jumlah transaksi yang dilakukan, semua bisa diselesaikan dalam waktu satu hari. Asing hal nya dengan Payment Checkout Link, layanan ini memungkinkan pelaku usaha untuk menyederhanakan proses pembayaran.

Dengan mengintegrasikan link pembayaran dengan bisnis, pelaku cara dapat memberika keleluasan bagi konsumen untuk memilih metode pembayaran mengikuti tagihan dapat langsung dikirimkan menggunakan e-mail setelah proses transaksi lulus dilakukan.

“Tahun tersebut pandemi membawa dampak ke di setiap aspek kehidupan, tak terkecuali dengan UMKM. Kondisi ini memaksa pelaku usaha untuk mencari alternatif lain, salah satunya dengan cara beralih ke digital, ” ujar Jesayas Ferdinandus selaku CEO OY! Indonesia.