Penghasilan Seret? Yuk, Lakukan Tips Belanja Hemat Ini

VIVA – Apakah penghasilan Anda saat ini sedang seret? Saya rasa setelah pemerintah mengumumkan adanya pandemi pada bulan Maret yang lalu, banyak sekali dari warga Indonesia yang terdampak langsung. Dampak itu menimbulkan daya beli masyarakat menurun. Hal tersebut diakibatkan sebagian karyawan dan buruh harus rela kehilangan pekerjaan mereka, karena perusahaan tidak mampu memberikan gaji.

Meskipun tidak semua karyawana dirumahkan ataupun diputus kontraknya, ada juga sebagian karyawan yang masih tetap bekerja juga merasakan pemotongan gaji mereka. Tak luput juga para pelaku UMKM yang harus rela omzet menurun, alhasil daya beli secara nasional pun menurun.

Akibat dari itu semua sudah dipastikan banyak dari Anda yang juga mengalami penurunan pendapatan. Tapi tenang saja, tidak ada masalah yang tidak memiliki penyelesaian.

Berdasarkan pengalaman pribadi penulis, ketika penulis mengalami penurunan pendapatan selalu mengambil tindakan yang mau tidak mau harus menekan pegeluaran. Ya terlihatnya sih gampang, tinggal gunakan uang untuk berbelanja kebutuhan pokok langsung selesai. Tapi apakah itu sudah cukup?

Mungkin Anda akan merasa bosan, jika hanya membelanjakan uang untuk kebutuhan pokok saja, pasti ada kebutuhan sekunder yang juga harus dipenuhi seperti membeli paket data, membeli bahan bakar kendaraan dan masih banyak lagi.

Nah, maka dari itu kali ini penulis punya tips jitu nih untuk Anda semua terutama yang penghasilan sehari-harinya terdampak oleh pandemi.

  • Tanam sayur-sayuran di rumah

Nah, ini nih tips yang paling penting untuk dipraktikkan. Penulis sendiri sudah membuktikan untuk menghemat pengeluaran yang pertama yaitu harus menanam sayur di rumah. Wajib hukumnya, karena itu bisa mengurangi pengeluaran untuk membeli lauk.

Selain itu sayur juga menyehatkan, kalau tidak mau ribet sih tanam bayam saja sudah cukup. Caranya cukup mudah, tinggal beli bayam di pasar yang ada bunganya lalu ambil bunga yang sekiranya sudah tua kemudian taburkan di tanah sudah bisa tumbuh.

Atau anda juga bisa membeli bibit secara langsung ke penjual bibit. Selain bayam Anda juga haus menanam cabai, bawang merah dan putih, tomat. Untuk cara menanamnya saya kira Anda bisa mencari sendiri di internet.

  • Jangan keluyuran!

Saya rasa sih kalau musim pandemi seperti ini, Anda tidak perlu repot keluyuran yang tidak penting. Keluar rumah seperlunya saja jangan sering-sering. Ya selain membantu menurunkan rantai penyebaran virus, kita juga bisa sedikit menghemat uang.

  • Jangan tergiur diskon

Siapa nih yang suka tergiur membeli barang ketika melihat dikson? Ingat, masih ada kebutuhan yang lain, mungkin itu lebih penting ketimbang barang barang diskon yang lagi seliweran ditwarkan oleh penjual.

Meskipun penjual memberikan diskon sampai 50 persen lebih, kalau itu bukan barang yang sangat penting tahan dulu ya.

  • Tahan gengsi, utamakan kebutuhan pokok

Enggak bermerek, enggak akan mau! Buang dulu anggapan itu. Anggapan tersebut malah membuat Anda jatuh miskin. Ya kali barang yang Anda beli barang mahal semua, Anda bisa travelling ke sana ke mari tapi ujung-ujungnya bisa jatuh miskin.