Objek Tewas Bisa 100. 000, Trump Malah Mau Bubarkan Gugus Perintah Corona

VIVA – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan bahwa ia sedang menimbang fase kedua respons AS terhadap pandemi virus Corona COVID-19 di dalam hari Selasa, 5 Mei 2020 dan kemudian mendiskusikan rencana pembatalan tim Gugus Tugas Corona negeri tersebut. Gugus tugas yang berisi dari pakar kesehatan terkemuka seperti Anthony Fauci dan Deborah Birx.

Gugus tugas bisa dibubarkan pada akhir Mei mendatang. Hal ini disampaikan oleh Wakil Presiden AS Mike Pence yang juga memimpin tim tersebut.

“Mike Pence dan konglomerasi tugas telah melakukan pekerjaan secara baik, tetapi kami sekarang melihat sedikit bentuk yang berbeda, ” kata Trump dalam sebuah kesibukan di kota Phoenix.
Ketika ditanya oleh wartawan apakah dia menganggap misi memerangi virus Corona kudu diselesaikan, Trump menjawab, “Tidak. ”

Mike Pence mengatakan Gedung Putih zaman ini mulai membahas rencana pergantian tersebut dengan Federal Emergency Management Agency. Ia menambahkan langkah itu mungkin membutuhkan waktu hingga akhir Mei atau awal Juni 2020 sebagaimana dilansir NYT.

Pada Selasa, Pence menggambarkan kalau gugus tugas telah mencapai maksudnya dalam menangani puncak wabah virus Corona di AS. Saat tersebut di AS terdapat lebih dari 1, 2 juta kasus COVID-19 dan lebih dari 70 seperseribu orang meninggal akibat virus tersebut. Namun negara bagian di AS mulai membuka kembali pusat usaha mereka dan mencabut regulasi social distancing seiring rendahnya angka kejadian baru yang muncul.

Pada hari Minggu, Trump merevisi angka kematian yang ia perkiraan dari sebelumnya 60 ribu menjadi berpotensi 100 ribu orang Amerika yang akan meninggal akibat virus Corona.
Meski angka target tewas diprediksi tinggi, Pence meminta bahwa AS telah berhasil memperlambat penyebaran virus serta menurunkan kurva virus Corona.

Lihat Juga

“Apapun keputusan yang diambil Presiden yang berkaitan dengan himpunan tugas virus Corona Gedung Suci, semua akan berdasarkan kondisi. Tapi ketika negara bagian mulai beraktivitas kembali, kami melihat kemajuan dengan kami buat, kami mulai melakukan diskusi tentang mengakhiri tugas tim Gugus Tugas virus Corona, ” ujar Mike Pence.

Pence menambahkan bahwa Gedung Putih berniat mempertahankan Deborah Birx, seorang imunolog Departemen Luar Negeri GANDAR yang mengkoordinasikan kegiatan gugus suruhan.

Baca juga: Temuan Ombudsman DKI, Maladministrasi terhadap Anak obat Bukan COVID-19

Laporan: Dion Yudhantama