Jokowi Andalkan Dua Inovasi Ini buat Tangani COVID-19 di RI

VIVA – Presiden Jokowi menyatakan Indonesia tidak mau primitif terkait inovasi yang gencar dilakukan berbagai negara saat pandemi COVID-19 ini. Menurutnya, sejumlah negara tengah berlaga menjadi yang tercepat, terdepan dan terunggul dalam inovasi di bidang kesehatan.

“Indonesia tentu tak mau tertinggal dengan turut melahirkan berbagai inovasi di bagian kesehatan. Salah satunya vaksin Merah Putih yang terus diupayakan untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19 dalam Indonesia, ” kata Jokowi dalam akun instagram miliknya, @jokowi, Rabu 11 November 2020.

Baca juga: Ketua PDIP Pangkep Akui Pemeran Video Kotor

Inovasi kedua yang jadi andalan Jokowi adalah genose”> GeNose. Kepala Negara memuji, inovasi anak bangsa itu yang merupakan alat pendeteksi virus Corona hanya dengan hembusan napas.

Teknologi itu dikembangan Universitas Gadjah Mada dengan menggandeng kurang peniliti menggunakan sistem artificial intelligence .

“Di luar itu, berbagai masyarakat peneliti juga terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan COVID-19, ” ujarnya.

Jokowi yakin, berbagai inovasi yang sudah dilakukan, mulai dari vaksin dan alat pendeteksi COVID-19, menunjukkan Indonesia tidak kekurangan talenta hebat. Ia berharap ke depan, talenta-talenta tersebut digunakan untuk kemandirian dan kelebihan bangsa serta memberi nilai tambah bagi perekonomian nasional.

“Saya berharap karya-karya para inovator ini tak berhenti pada periode purwarupa saja, tapi dapat berlanjut ke produksi massal dan makin investasi komersial, ” ungkapnya.

Dengan begitu, Jokowi memasukkan, beragam inovasi tersebut tak cuma memberi solusi bagi masalah-masalah di masyarakat, tapi juga memberi nilai tambah bagi perekonomian nasional. (ren)