Jet Tempur Rusia Makin ‘Songong’ Tebar Ancaman di Atas Pesawat GANDAR

VIVA – Ketegangan kembali terjadi antara militer Rusia dan Amerika Serikat (AS). Untuk kesekian kalinya, jet tempur hak Pasukan Beruang Merah dianggap mengancam armada militer AS.

Menurut laporan CNN , peristiwa ini terjadi di wilayah Laut Mediterania, Minggu 19 April 2020 waktu setempat. Zaman itu, sebuah jet tempur Rusia, Sukhoi SU-35, terbang mendekati motor patroli AS, P-8A.

Dalam pernyataan resminya, Angkatan Laut AS (US Navy) menyebut bahwa SU-35 milik Rusia itu melakukan manuver yang tidak aman dalam dekat P-8A. Pihak US Navy juga menegaskan bahwa jet menyerang Rusia itu melanggar aturan penerbangan internasional.

“Tindakan yang tidak perlu dibanding pilot SU-35 Rusia tidak tetap dengan penerbangan yang baik, serta aturan penerbangan internasional, ” nada pernyataan US Navy.

“Saat pesawat Rusia beroperasi pada wilayah udara internasional, interaksi itu sangat tidak bertanggung jawab. Ana berharap mereka berperilaku susuai secara standar internasional dengan memastikan keselamatan dan mencegah insiden, ” lanjut pernyataan US Navy.

Lihat Serupa

Ketegangan antar militer Rusia dan AS memang bukan yang baru kali. Ini adalah yang ke-2 kalinya jet tempur Rusia dianggap mengancam militer AS pada bulan ini.

Sebelumnya, jet tempur AS, F-22 Raptor menghadang dan mengusir udara intai Rusia Ilyushin Il-38 dengan memasuki wilayah Alaska. Sontak, perkara itu membuat Komando Pertahanan Bagian Udara Amerika Utara (NORAD) melahirkan reaksi keras.

Awut-awutan pada 9 Maret 2020, F-22 Raptor juga mengusir persawat mata-mata maritim Rusia, Tupolev Tu-142, dalam wilayah udara Laut Baeufort, Alaska.