Jenazah Gus Kamil Langsung Dimakamkan dengan Protokol COVID-19

VIVA – Jenazah almarhum Ketua DPRD Kabupaten Rembang yang juga Jongos Pesantren Tahfiz Alquran Al Anwar, Sarang, KH Majid Kamil Maimoen Zubair atau Gus Kamil langsung dimakamkan Minggu malam atau menjelang Senin dini hari, 13 Juli 2020. Gus Kamil meninggal dunia setelah sempat dirawat akibat Corona.

Berdasarkan informasi yang diterima VIVA , jenazah Gus Kamil dimakamkan dengan menggunakan protokol COVID-19. Selanjutnya, almarhum dimakamkan di sebelah makam ibundanya, Almarhumah Nyai Hj Masthiah dan keluarga besarnya di area pemakaman umum Simpek, Sarang, Rembang.

“Iya. Rencananya akan dimakamkan malam ini. Dekat dengan makam ibunda dan keluarga. Keluarga sudah menyiapkan semuanya termasuk liang lahat, ” ujar salah seorang anggota keluarga Gus Kamil yang enggan disebutkan namanya kepada NU Online , Minggu malam, 12 Juli 2020.

Sementara itu, suasana di Pesantren Al Anwar, Sarang, masih terus didatangi kerabat dan rekan almarhum untuk menyampaikan doa dan duka cita kepada keluarga. Para santri membacakan Alquran dan tahlil sebagai bentuk doa bela sungkawa kepada Almarhum KH Majid Kamil MZ.

KH Majid Kamil Maimoen Zubair meninggal dunia pada Minggu malam, 12 Juli 2020. Berdasarkan informasi yang diterima VIVA , pria yang akrab disapa Gus Kamil itu meninggal dunia pukul 19. 55 WIb.

Baca: Gus Kamil, Putra Mbah Moen Meninggal Dunia Akibat Corona

Sebelum wafat, Gus Kamil diketahui sempat dirawat di RSUD dr R Soetrasno Rembang dengan keluhan mengalami gejala sesak nafas. Setelah dilakukan rapid test dan swab, Gus Kamil dinyatakan pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19 dan diisolasi di ruang khusus.

Sejumlah tokoh, ulama dan lembaga mengucapkan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Gus Kamil. Salah satunya dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui akun twitter resminya menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Gus Kamil.

Gus Kamil merupakan putra keempat dari almarhum KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen, sekaligus kakak dari Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen. Gus Kamil saat ini tengah menjabat sebagai Ketua DPRD Rembang dan Ketua DPC PPP Rembang.

Di sela-sela tugasnya di DPRD dan PPP, Gus Kamil juga sebagai salah satu pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang. KH Majid Kamil MZ wafat di usia forty nine tahun, meninggalkan seorang istri lalu empat orang putra-putri.