Italia Mulai Longgarkan Lockdown Corona Minggu Depan

Banyak warga Italia menarik nafas lega. Perdana Menteri Giuseppe Conte hari Minggu malam (26/4) mengumumkan, pelonggaran lockdown dengan bertahap akan dimulai minggu aliran, 4 Mei 2020.

“Kami mengharapkan tantangan yang sangat kompleks“, kata Giuseppe Conte mengingatkan, setelah mengumumkan tingkatan pelonggaran lockdown yang sudah berlaku sejak awal Maret.

“Kita akan hidup dengan virus ini, dan kita akan menerapkan setiap langkah sewaspada mungkin“, tegasnya.

Di dalam pidato yang disiarkan di televisi, PM Giuseppe Conte juga mengucapkan bahwa warga tetap harus menjalankan jarak sosial dan menggunakan kedok.

Tanpa memperhatikan aturan kesehatan, situasi bisa berbalik sedang, kata Conte. “Kurva penularan bisa naik lagi, situasi akan terlepas kendali, kematian akan naik dan kita akan memiliki kerusakan yang tidak dapat diperbaiki di perekonomian. “

Pelonggaran dengan bertahap

Selain kilang, grosir besar dan gedung perkantoran, mulai 4 Mei pemakaman hendak diizinkan lagi, tetapi disarankan diadakan di tempat terbuka, tidak dihadiri lebih dari 15 orang. Pelayat diwajibkan memakai masker.

Lihat Juga

Jika semuanya berjalan baik, gardu ritel akan diizinkan beroperasi sedang mulai 18 Mei, restoran, cafe, dan salon rambut mulai satu Juni.

Selanjutnya Giuseppe Conte mengatakan, tim olahraga profesional dapat melanjutkan pelatihan mulai 18 Mei, sedangkan atlet dalam gerak individu dapat melanjutkan pelatihan di dalam 4 Mei.

Taman bacaan, museum, dan pameran seni serupa akan dibuka kembali mulai 18 Mei.

Angka kementerian kesehatan hari Minggu (26/4) menunjukkan 260 kasus kematian, angka janji harian terendah sejak pemberlakuan lockdown pertengahan Maret lalu. Italia adalah negara Eropa yang mencatat memutar banyak kasus kematian karena pagebluk corona, dengan hampir 27 ribu kasus kematian. hp/vlz (afp, rtr, ap)