Intip Pesona Air Terjun ‘Sutra’, Surga Wisata di Manggarai NTT

VIVA – Di balik tanahnya yang subur dan sumber minuman berlimpah membuat Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur dianugerahi pesona alam yang ciamik.

Selain kondang karena Wae Rebo, dukuh kuno ini juga terkenal dengan rumah kerucut pada tengah rimba atau Lodok Sawah berbentuk sarang laba-laba serta Liang Bua, Gua “Hobit” yang menghebohkan dunia arkeologi, bumi Nuca Lale ternyata banyak menyimpan keping-keping surga.

Tidak cuma sebagai destinasi tanda, deretan spot air masuk juga laku keras pada paket wisata Flores. Sebut saja air terjun Cunca Bandingan di Kecamatan Lelak, Cunca Lega di Rahong Melahirkan, serta yang terbaru serta lagi hits di bagian wisata Flores Overland yaitu cunca Cunca Siwa. Cunca berarti air terjun.

Air masuk Cunca Siwa bersemayam manis di bawah lembah curam (tengku) bersembunyi dibalik pepohonan rindang hutan Sambor Dukuh Nggalak Kecamatan Reok Barat. Lokasinya masih perawan, cakap dan sejuk.

Photo:

  • tvOne/Jo Kenaru

Cunca Siwa berbeda dengan minuman terjun kebanyakan. Air dengan jatuh tampak seperti sutra halus terurai panjang membalut dinding tebing berlumut hijau. Air terjun yang hits sejak tahun 2017 ini setelah diukur memiliki ketinggian 80, 3 meter. Mengenai mata air Cunca Siwa atau Cunca Siwa berharta 4 km dari air terjun.

Suara lembut air terjun terdengar serupa turunnya hujan deras bergemericik mengguyur permukan kolam berupa hijau toska di bawahnya. Benang-benang air yang merayap memancarkan eksotisme empat dimensi.

Begitu pun ketika berenang di dalam kolam berukuran 5×10 meter serta di hingga 5 meter itu seperti meneguk sensasi bermanfaat relaksasi. Aktifitas lain yang bikin suasana makin afdol adalah memanggang pada tanur di atas bebatuan luas.