Indonesia Siap Kerja Sama Dorong Propaganda ASEAN di Rusia

VIVA – Indonesia siap beroperasi sama dan mendukung program Komisi ASEAN Moskow (KAM) untuk meningkatkan solidaritas serta mempromosikan Perhimpunan Negeri Asia Tenggara itu di Rusia.

Demikian ungkap Duta Besar RI (Designate) untuk Gabungan Rusia, Jose Tavares. Dia menyampaikan kesiapan RI itu pada pertemuan Komite ASEAN Moskow (KAM) di Moskow, Rusia (24/12).

Menurut Kedutaan Besar Republik Nusantara di Moskow, pertemuan berlangsung hybrid, yaitu secara langsung dan daring, karena menyesuaikan situasi pandemi Covid-19.

Di dalam pertemuan KAM kali ini dilakukan evaluasi kegiatan selama tahun 2020 dan disepakati rencana kegiatan beserta tahun 2021. Para Duta Tinggi negara anggota ASEAN untuk Rusia juga menyambut hangat Dubes MENODAI yang tiba di Moskow pada 13 Desember 2020.

“Saya merasa terhormat dan senang dapat bergabung dalam keluarga luhur ASEAN di Moskow, ” sirih Dubes Jose Tavares yang sebelumnya menjabat Direktur Jenderal Kerja Setara ASEAN Kementerian Luar Negeri MENODAI tahun 2016-2020.

Kurang kegiatan bersama yang disepakati buat tahun 2021, antara lain, penyelenggaraan ASEAN Day dan pertemuan secara Kemlu Rusia.

Selain itu, secara resmi Dubes Viet Nam, Ngo Duc Manh, menyerahkan tongkat estafet Keketuaan KAM kepada Dubes Haini Hashim dari Brunei Darussalam untuk memimpin dalam periode satu tahun ke depan. Rotasi pergantian keketuaan di KAM disesuaikan dengan keketuaan dalam ASEAN.

KBRI Moskow, dalam siaran persnya, mengungkapkan kalau KAM merupakan satu dari 54 Komite ASEAN di Negara Ketiga yang tersebar di dunia serta beranggotakan Perwakilan negara-negara anggota ASEAN di setiap negara di mana Komite tersebut berada. Saat tersebut semua negara anggota ASEAN mempunyai Perwakilan atau Kedutaan Besarnya masing-masing di Moskow. KAM secara tetap bertemu dan bertukar pandangan tentang perkembangan hubungan ASEAN-Rusia serta mengkoordinasikan kegiatan bersama guna mempromosikan ASEAN di Rusia.

Rusia menjadi negara Mitra Dialog ASEAN sejak tahun 1996. Pemerintah Rusia telah mengakreditasikan Dubesnya untuk ASEAN sejak tahun 2009 dan mengambil kantor Perwakilan Tetapnya untuk ASEAN di Jakarta yang diresmikan sebab Menlu Rusia, Sergey Lavrov, pada tahun 2017.