Download Dokumen 10GB Cuma 4 Detik Pakai 5G, Itu Kata Pakar

VIVA – Sejumlah negara di dunia sudah mengimplementasikan jaringan generasi kelima atau 5G. Sementara Indonesia penerapannya masih menjadi pro dan kontra. Padahal, ada beberapa manfaat penerapan jaringan 5G. Mulai dari memerosokkan inovasi Internet of Things (IoT), hingga stabilitas kemajuan internet.

Product Marketing Manager Samsung Mobile Samsung Electronics Indonesia, Taufiqul Furqan mengatakan, jaringan 5G selalu bisa meningkatkan kreativitas pengguna dan industri, terutama dalam sektor hiburan.

Baca: Begini Nasib 2G, 3G dan 4G Jika Indonesia Menerapkan 5G

“Misalnya untuk menonton konser virtual dengan bandwith lebih tinggi, speed dengan lebih cepat, bisa menyelenggarakan streaming video dengan karakter tinggi. Gambarnya juga mau lebih tajam dan kemahiran menikmati kontennya akan bertambah tinggi. Ada juga cloud gaming sampai travelling virtual dengan VR, ” cakap dia, Rabu, 10 Maret 2021.

Raksasa teknologi Korea Selatan tersebut telah menghadirkan ponsel akil yang mendukung kehadiran 5G di Indonesia, yaitu seri Galaxy S21. Namun, sebab infrastruktur dan kebijakan belum ada maka teknologinya masih dikunci dengan software atau perangkat lunak.