Doa Idul Fitri Diizinkan Dijalankan di Masjid dan Lapangan

VIVA – Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H atau 2021 M, sudah bisa dilaksanakan di masjid-masjid atau lapangan terbuka. Tetapi tetap memperhatikan protokol COVID-19 yang ketat. Itu bersandarkan panduan ibadah Ramadhan serta Idul Fitri yang diterbitkan Kementerian Agama.

Saat ini, kasus COVID-19 di Tanah Air mengarah mulai menurun. Maka ibadah salat Idul Fitri dengan pada tahun lalu dilaksanakan di masing-masing rumah dengan keluarga terbatas, kini mampu digelar umum. Hanya lestari dengan protokol yang selektif. Juga jika terjadi penambahan kasus jelang ibadah, bisa saja pelaksanaannya kembali dilakukan di rumah masing-masing.

“Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan memperhatikan adat kesehatan secara ketat, kecuali jika perkembangan COVID-19 semakin negatif (mengalami peningkatan) bersandarkan pengumuman Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 untuk semesta wilayah negeri atau pemerintah daerah di daerahnya masing-masing, ” bunyi salah utama point pada surat edaran Kemenag, Selasa 6 April 2021.