COVID-19 di Pekanbaru Kian Bertambah, Daerah PSBM Diperluas

VIVA – Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau memperluas wilayah penerapan Pembatasan Baik Berskala Mikro (PSBM). Langkah ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyaluran virus corona atau COVID-19 dalam tengah masyarakat.

Masa ini, ada empat kecamatan dengan menerapkan PSBM, yaitu kecamatan Tampan, Payung Sekaki, Marpoyan Damai dan Bukit Umum.

“Semula hanya kecamatan Tampan. Saat ini ada 3 kecamatan lainnya yang baru berangkat penerapan PSBM, ” kata Spesialis Bicara Umum Tim Penanganan COVID-19 Kota Pekanbaru, Ingot Hutasuhut kepada VIVA, Jumat 2 Oktober 2020.

Baca juga: Bantuan Gaji Rp600 Ribu Tahap V Cair Pekan Ini ke 618. 588 Praktisi

Dalam implementasi PSBM kali ini, tim satuan tugas COVID-19 juga memberlakukan pembatasan jalan raya pada jam tertentu. Teguran kepada pelanggar protokol kesehatan pun diberikan sampai pada mas sanksi sosial.

Pada beberapa kecamatan lainnya, operasi yustisi pemburu teking (orang keras kepala) selalu terus berjalan. Sasarannya adalah masyarakat yang masih bandel dan tidak mematuhi protokol kesehatan.

Berdasarkan data lantaran Dinas Kesehatan Provinsi Riau, total kasus COVID-19 telah menembus angka 7. 887 kasus. Angka tersebut terus bergerak naik meski banyak diantaranya yang dinyatakan sembuh serta ratusan orang meninggal dunia.

Selain mencegah dan memacu penanganan pasien COVID-19, pemerintah serupa fokus dalam pemulihan ekonomi masyarakat melalui program usaha mikro. (ren)