Berkas 7 Tersangka Kasus Korupsi Bupati Nganjuk Dilimpahkan ke Jaksa

VIVA – Penyidik Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri melimpahkan berkas tujuh tersangka kasus dugaan manipulasi jual beli jabatan pada lingkungan Pemerintah Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Senin, tujuh Juni 2021.

“Hari ini, tujuh berkas perkara telah dilimpahkan ke Kejaksaan untuk dilakukan studi. Tunggu saja hasil pemeriksaan dari Kejaksaan terhadap tujuh berkas kasus Bupati Nganjuk, ” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono di Mabes Polri, Senin, 7 Juni 2021.

Sebelumnya diberitakan, Pengantara Ketua KPK Lili Pintauli Siregar menjelaskan kronologi interpretasi Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat. Dia menyebutkan, pengkajian kasus ini dilakukan semenjak April 2021.

Operasi mengambil tangan (OTT) bermula di Minggu, 9 Mei 2021, saat tim gabungan KPK dan Bareksrim Polri mendapatkan informasi akan adanya pemberian uang oleh pihak-pihak terpaut, dengan proses pengisian posisi perangkat desa dan camat di jajaran Pemerintah Kabupaten Nganjuk.

“Tim gabungan kemudian menindaklanjuti dan selanjutnya mengamankan 4 karakter camat di wilayah Kabupaten Nganjuk beserta barang informasi uang, ” kata Lili dalam konferensi pers pada kantornya, Kuningan Persada, di dalam Senin, 10 Mei 2021.