Baju Fadli Zon Bertuliskan Jubir FPI, Cek Faktanya

VIVA – Akun Facebook Pandu Pa mengunggah sebuah foto yang menunjukkan sosok Fadli Zon menggunakan baju kaus hitam yang bertuliskan “JUBIR FPI” tengah berpose tangan mencengkam.

Narasi:

“JANGAN KAU KHIANATI JABATANMU KRN RAKYATLAH YG MENGAJIMU.. BUKAN FPI. BERSIKAPLAH KESATRIA BIAR RAKYAT TAK TAMBAH KECEWA..! ”

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelaahan, dilansir turnbackhoax. id , foto itu merupakan hasil suntingan/editan. Ditemukan memotret asli pada unggahan Fadli Zon di akun Twitter @fdlizon yang telah bercentang biru, diunggah di 28 Desember 2019. Adapun tulisan dalam baju tersebut adalah “JUBIR RAKYAT” dan unggahan tersebut disertai narasi “#JubirRakyat”.

Sesudah ditelusuri lebih lanjut, Fadli zon juga pernah mengunggah gambar desain kaus “JUBIR RAKYAT” di akun Instagram milikinya yang telah bercentang biru pada 8 Desember 2019 dengan disertai narasi, sebagai berikut:

“Dapat kiriman desain kaos “JUBIR RAKYAT” (Juru Bicara Rakyat). Mari kita jadi juru bicara rakyat, suarakan kebenaran, suarakan amanat penderitaan kaum (ampera) dan selalu berpihak pd rakyat. Buat kaos masing2 ya… #jubirrakyat”.

Kesimpulan

Dengan demikian, gambar yang diunggah oleh akun Pandu Pa adalah tidak betul karena tidak sesuai fakta serta termasuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.