Bagaimana Cara Lapor Konten Negatif perkara Corona di Facebook?

VIVA – Konten negatif seringkali berseliweran di platform media sosial, termasuk soal Virus Corona. Nah, bagaimana caranya untuk melaporkan konten-konten tersebut?

Kepala Kebijaksanaan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari, mengakui jika memang banyak data yang bertebaran di media baik termasuk platform di keluarga tumbuh Facebook.

Ia mengiakan membuka kesempatan pengguna untuk melaporkan konten yang dianggap bermasalah itu. Ruben mengatakan di Facebook & Instagram semua konten bisa dilaporkan ke platform tersebut bukan hanya seputar COVID-19 saja.

Pelaporan ini mampu dilakukan menggunakan aplikasi di ponsel ataupun melalui browser jika mematuhi laptop atau komputer. Ruben membaca cara melaporkannya dengan mengklik tanda tiga titik yang ada dalam setiap konten. Klik ikon itu lalu akan muncul laporkan konten tersebut.

“Kontennya tipenya macem-macem ada disinformasi, abuse, mau muncul di situ. Silahkan report ke kami, ” katanya. Dia menyatakan jika tim back-end Facebook akan menilai apakah konten itu melanggar Standard Komunitas platform tersebut.

Lihat Juga

Standard Komunitas disebutkan semacam kitab Facebook memperbolehkan konten apa yang bisa hadir serta tidak di sana. Selain informasi langsung dari pengguna, Facebook pula bekerja sama dengan pemerintah untuk memerangi konten negatif.

Ruben mengatakan bila lembaga seperti Kominfo dan BNPB punya kanal khusus untuk langsung melaporkan kepada Facebook.

Untuk itu, Ruben juga mengusulkan jika ada pengguna merasa tidak bisa atau kesulitan melapor pada Facebook bisa melalui Kementerian Hubungan dan Informatika (Kominfo). “Mereka punya websitenya sendiri. Bisa lapor ke sana, aduan teman-teman pasti diteruskan ke kita, ” ungkapnya.