Asing Cerita Kalau Barcelona Tak Dilatih Guardiola

VIVA – Sebanyak 14 penghargaan didapat Barcelona di bawah kendali Pep Guardiola pada 2008 mematok 2012. Paling fenomenal adalah pada 2009, Barcelona berhasil mendapatkan enam trofi sekaligus. Catatan itu menjelma gambaran betapa hebatnya Barcelona saat ditangani pelatih asal Spanyol tersebut.

Bukan cuma tersebut, Guardiola juga berhasil memoles pemain-pemain muda Barcelona saat itu menjelma bintang. Salah satunya adalah Lionel Messi yang kini sudah mengambil enam gelar Ballon d’Or.

Mantan pelatih tim bujang Barcelona, Jordi Vinyals mengatakan, Guardiola mampu melakukan hal di asing zona nyaman. Dengan kepandaiannya membaca situasi, Guardiola bisa mengambil keputusan yang tepat.

Pep Guardiola (kiri) dan Jose Mourinho (kanan)

Baca Juga: Berawal dari Video Latihan Mengerikan, Rp300 Miliar Datangi Mike Tyson

“Xavi, Iniesta, dan Messi tetap saja adalah talenta yang khayali. Tapi mereka juga beruntung sebab diberi kesempatan oleh Guardiola. Secara berkelanjutan ia diberi waktu bermain, ” kata Vinyals, dikutip Goal Internasional.

“Dia punya keberanian untuk menjemput keputusan yang tidak nyaman dan mengorbankan nama besar untuk memberikan peran pemimpin kepada pemain muda. Anda bisa bilang bahwa Guardiola adalah titik balik dalam cerita klub ini, ” tambahnya.

Lebih lanjut, Vinyals menyebut kebiasaan Guardiola untuk mengorbitkan pemeran akademi La Masia membuat perintah pelatih tim muda lebih mungkin. Sebab, Guardiola sangat mengerti cara untuk membuat pemain muda tersebut menjadi bintang.

Lihat Juga

Eks presiden Barcelona, Joan Laporta, dan Pep Guardiola.

Dan, sampai saat ini kebudayaan yang dilakukan Guardiola itu masih dijalani Barcelona. Itu masih mengorbitkan pemain dari La Masia seperti Ansu Fati, Riqui Puig, dan Carles Alena.

“Itu berkat integrasi La Masia dan juga cara sepak bola yang dimainkan serta mendominasi lawan. Itu juga membuat awak pelatih tim muda jadi ngerasa lebih mudah, ” Vinyals

Baca Juga:

Parah, Periode Dikarantina Pemain Ligue 1 Itu Masturbasi di Depan Umum

Heboh, Legenda Arsenal Klaim Virus Corona Keluaran Manusia

Ada Luka Modric di Balik Penampilan Hebat Marko Simic Bergandengan Persija